Recent Posts

Poligami Bukti Muslim Tak Bermoral? Jawaban Dr Zakir Naik Bikin Wanita Non-Muslim Ini Tercengang

Jumat, 14 April 2017
Dr Zakir Naik (indiatimes.com)
Dr Zakir Naik (indiatimes.com)




Elyana, nama wanita ini. Ia seorang non-muslim yang berprofesi menjadi guru. Ia mengajukan pertanyaan yang selama ini mengganjal kepada Dr Zakir Naik. Menurutnya, banyak pria muslim tidak bermoral karena poligami. Benarkan poligami ajaran Islam?

“Aku menemukan perilaku tidak bermoral dari kalangan muslim yang memiliki istri lebih dari satu. Bagaimana pendapatmu tentang ini? Sebenarnya ku tahu tentang ini tetapi ingin mendengarkan jawaban darimu,” tanya Elyana setelah memperkenalkan diri. “Jika Islam dan Kristen memiliki kesamaan, seharusnya Islam hanya membolehkan satu istri.”

Jawaban Dr Zakir Naik


Saudari ini menanyakan pertanyaan yang bagus, sebuah pertanyaan umum yang sangat penting. Menurut pandangannya, adalah tidak bermoral bagi seorang muslim memiliki lebih dari satu istri. Dan ia memintaku jika Islam dan Kristen bersatu dalam poin ini, maka akan sangat bagus.

Itulah yang ingin aku lakukan. Namun bersatu dalam kebenaran bukan bersatu dalam sesuatu yang salah.

Saudariku, satu-satunya kitab agama di muka bumi ini yang mengatakan “Nikahilah hanya satu saja” adalah Al Quran. Tidak ada kitab lain di muka bumi ini. Engkau membaca Bibel, Ramayana, Mahabharata, Wedha. Tidak ada kitab selain Al Quran yang mengatakan “nikahilah hanya satu saja.”

Jika kamu baca kitab Hindu, Ramayana, ayah Sri Rama yakni Raja Dasarata memiliki istri lebih dari satu. Jika kamu baca Mahabharata, Sri Krishna memiliki 16.108 istri. Jika kamu baca Bibel, Solomon memiliki 700 istri dan Ibrahim memiliki 3 istri. Jadi menurut Bibel, Yudhaisme dan Kekristenan, seorang pria boleh memiliki banyak istri tanpa batasan; 4, 5, 10, bahkan 1000.






Islam telah menetapkan batasan. Al Quran mengatakan:

فَانْكِحُوا مَا طَابَ لَكُمْ مِنَ النِّسَاءِ مَثْنَى وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ فَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تَعْدِلُوا فَوَاحِدَةً

Nikahilah wanita-wanita yang kamu senangi; dua, tiga atau empat. Jika kamu tidak bisa berlaku adil, maka nikahilah satu orang saja (QS. An Nisa’: 3)

Menurut Hindu, Judaisme dan Kekristenan, tidak ada batasan jumlah wanita yang dinikahi. Sedangkan dalam Islam dibatasi maksimal empat jika bisa berlaku adil. Jika tidak bisa, maka satu saja.

Jadi dalam Islam, kamu hanya boleh menikahi satu orang jika tidak bisa berlaku adil. Jika bisa berlaku adil, maksimal empat.

وَلَنْ تَسْتَطِيعُوا أَنْ تَعْدِلُوا بَيْنَ النِّسَاءِ وَلَوْ حَرَصْتُمْ فَلَا تَمِيلُوا كُلَّ الْمَيْلِ

Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri-isteri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai) (QS. An Nisa’: 129)

Jadi banyak orang yang salah paham bahwa Islam mewajibkan memiliki empat istri. Tidak. Tidak wajib memiliki empat istri, itu adalah opsional, itu mubah.

Jika kamu memiliki empat istri dan tidak bisa berlaku adil, kamu bermasalah.

Sekarang akun tunjukkan alasan logisnya mengapa Islam memperbolehkan poligami. Pertama, umumnya laki-laki dan perempuan terlahir dengan proporsi yang seimbang. Tapi jika kita tanya dokter kandungan, ia akan memberitahumu bahwa bayi perempuan mampu melawan kuman dan penyakit lebih kuat daripada laki-laki. Makanya lebih banyak bayi laki-laki meninggal daripada bayi perempuan.






Seiring hidup, ada faktor kematian laki-laki dengan adanya rokok, beberapa penyakit, kecelakaan dan peperangan. Maka lebih banyak perempuan daripada laki-laki.

Menurut statistik, saat ini di New York saja ada 1 juta perempuan lebih banyak daripada laki-laki. Di Amerika Serikat ada 7,8 juta perempuan lebih banyak daripada laki-laki. Di Jerman ada 5 juta perempuan lebih banyak daripada laki-laki. Di Inggris ada 4 juta perempuan lebih banyak daripada laki-laki. Di Rusia ada 9 juta perempuan lebih banyak daripada laki-laki. Entah berapa banyak perempuan dibanding laki-laki di seluruh dunia.

Misalnya aku harus setuju dengan hipotesa bahwa laki-laki hanya boleh menikah dengan satu perempuan saja. Misalnya di Amerika setiap laki-laki telah menemukan pasangannya, bagaimana dengan 7,8 juta perempuan sisanya? Apakah harus menjadi properti publik?

Dan saat ini, di Amerika biasa terjadi seseorang memiliki pasangan sek beberapa orang. Apakah kita memperbolehkan hubungan di luar nikah dengan banyak orang sementara kita mengecam pernikahan dengan dua wanita? Padahal pasangan di luar nikah inilah yang amoral.

Padahal menjadi istri kedua yang sah, seorang wanita tetap mendapat kehormatan, hak dan segalanya daripada ia menjadi pasangan hubungan yang tidak sah; tak ada kehormatan, tak ada hak. Jadi Islam memiliki solusi atas permasalahan sosial ini.

Jadi seorang muslim yang menikahi lebih dari satu wanita bukanlah perbuatan amoral jika ia bisa berlaku adil dan ini adalah solusi dari Allah yang mengetahui skenario atas dunia. [Muchlisin BK/Zakir-Naik.net]




43 komentar:

  1. Apakah Beristri Dua itu Diperbolehkan?

    Sebuah Pandangan Alkitab

    Pdt. Binsar J. Pakpahan, Ph.D.



    Pertanyaan yang akan kita jawab dalam hal ini adalah, apa kata Alkitab mengenai pernikahan dengan lebih dari satu pasangan (bigami/poligami)?

    Konteks pertanyaan ini adalah abad ke-21, yang berusaha melihat apa yang tertulis di buku yang ditulis sejak masa Israel hingga permulaan abad pertama (1446 SM – 45 SM). Bagaimana kita bisa mengambil inti dari apa yang Alkitab katakan dan melihatnya dalam konteks kita sekarang.

    Alkitab mencatat beberapa tokoh yang beristeri lebih dari satu, misalnya Abraham, Yakub, Saul, Daud, Salomo, dan beberapa nama lainnya. Tetapi kita harus juga melihat bahwa tindakan ini tidak pernah mendapat persetujuan langsung atau pertentangan secara spesifik di dalam Alkitab. Karena itu kita akan melihat hal ini dari beberapa perspektif Alkitab sebelum kita mengambil keputusan logis mengenai bigami/poligami. Tulisan ini bukan sebuah tulisan komprehensif mengenai topik ini, namun cukup menggambarkan posisi teologis Kristen berdasarkan Alkitab mengenai masalah yang dibahas.

    1. Tentang Tujuan Pernikahan
    Efesus 5:31 mencatat, “Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.” Hal ini serupa dengan apa yang telah disebutkan di dalam Kejadian 2:24, bahwa “Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.”

    Pernikahan adalah di mana kedua anak manusia menjadi satu daging. Menjadi satu daging berarti kedua orang yang berbeda menjadi satu. Keduanya bukan lagi dua orang melainkan satu kesatuan dalam institusi pernikahan.

    Pernikahan pertama antara Adam dan Hawa adalah sebuah prototype mengenai pernikahan yang sesuai dengan kehendak Allah. Allah melihat bahwa tidak baik kalau Adam hanya seorang diri, dan karenanya Allah mengirimkan seorang penolong (Kej. 2:18). Karena itu, pernikahan adalah sebuah institusi seorang laki-laki dan seorang perempuan untuk saling menolong dan mengisi.

    Kita bisa melihat juga bahwa Allah tidak menciptakan banyak perempuan untuk Adam sementara mereka bertugas untuk beranak cucu dan memenuhi bumi (Kej. 1:28). Tentu tugas ini akan menjadi lebih mudah apabila Adam memiliki lebih banyak isteri. Namun, Allah hanya memberinya Hawa untuk menjadi pendampingnya.

    Maleakhi 2 :14-15 mencatat tentang permintaan Allah agar orang setia kepada isterinya,
    “Dan kamu bertanya: “Oleh karena apa?” Oleh sebab TUHAN telah menjadi saksi antara engkau dan isteri masa mudamu yang kepadanya engkau telah tidak setia, padahal dialah teman sekutumu dan isteri seperjanjianmu.2:15 Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki kesatuanitu? Keturunan ilahi! Jadi jagalah dirimu! Dan janganlah orang tidak setiaterhadap isteri dari masa mudanya.” Artinya, Allah meminta orang untuk setia kepada pasangan yang mana dia telah menjadi satu daging dengannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo satu laki dapat satu wanita.wanita yg lain dapat apa??pantesan banyak alat bantu dildo wanita lawong wanita yg lain gk kebagian suami.mikirr

      Hapus
    2. Ni cewe kok susah ngerti y. Mgkin krna keterbatasan akal x y neng. Apa menurut mu lebih baik bapak, suami n saudara laki2 bermain serong, selingkuh atw sering ke tempat pelacuran lebih baik daripada engkau di madu???coba bayangkan jika suami mu tidur dgn pelacur. Apa gk penyakit yg dibawa suami mu untukmu jika kalian berhubungan badan????gk usah keluarkan isi alkitab mu panjang2 ayatnya di satu surat sementara ayat yg lain bertentangan. Abraham nikah dengan 3 wanita. Itu isi alkitabmu kn???

      Hapus
    3. Byk tmn2 saya yg punya lebih dari 1 istri. Dan alhamdulillah, mereka bahagia dan akur. Dan tmn2 saya itu setia kok. SETIA TERHADAP ISTRI-ISTRI MEREKA, TIDAK SERONG/SELINGKUH DENGAN YANG DI LUAR NIKAH. Itulah makna setia bagi pelaku poligami :)

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Jika memang poligami tak bermoral apakah diperbolehkan kita berzina dengan ayah sendiri seperti isi kitab kejadian ayat 32 ini "Marilah kita beri ayah kita minum anggur, lalu kita tidur dengan dia, supaya kita menyambung keturunan dari ayah kita".

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Maaf pak, jangan mengada2 dan memutar2 isi Alkitab. Tak pernah pun saya temui orang kristen yg beristri 2 yg tidak ditegur oleh gereja. Terkhusus gereja HKBP. Benar mmg populasi org di dunia laki2 dan perempuan tak imbang. Tapi Tuhan kami punya jalan yg terselami pikiranmu dan pikiranku. Dia punya jalan, dan jalan hidup serta jodoh orang percaya sudah Ia tetapkan. Jadi tidak ada alasan untuk beristri dua. Tuhan minta SETIALAH! Terimakasih pak, salam sejahterah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus nya kau salah kan tu abraham, salomo dll. Ape loe lebih suci di mata tuhan dari mereka ??? Mikir.apa mereka tidak bermoral ? Pantah kah merka jadi panutan ? Atau tuhan anda salah pilih sebagai rasul ??? Mari mikir

      Hapus
    2. Milyaran laki-laki di dunia ini bu, apakah semuanya memiliki sifat setia ? Tentu Tidak mungkin kan !
      Nah bagaimana kalau ada seorang suami menyukai perempuan lain namun karna tidak boleh lagi menikah (memiliki istri) lebih dari satu kali hingga akhirnya mereka melakukan hubungan badan tampa ada ikatan pernikahan (berzinah), dan masih banyak lagi alasan-alasan lain yg membuat seorang suami melakukan Zinah. Begitu banyak manusia dimuka bumi ini tapi tidak semuanya memiliki sifat yg baik begitupun laki-laki di dunia ini tidak mungkin semuanya memiliki sifat yg setia.
      Initinya Poligami adalah solusi untuk menghidarkan orang dari Perzinahan. Namun itu cuma salah satu alasan Allah tentang Poligami, masih banyak alasan-alasan yg lainnya, thanks !

      Hapus
    3. Lesbian adalah salah satu sebab karena tidak adanya solusi.
      Seks bebas jg karena sebab tdk adanya solusi.

      Jika semua mengambil Al Quran sebagai solusi, insyaallah perzinahan, sek bebas, lesbian maupun homoseks tdk akan seperti saat ini di dunia.

      Hapus
    4. Saya harap pada Monica Novrida jika Dr.Zakir naik masih di Indinesia coba debat terus dengan dia tentang Alkitab...saya ingin lihat sejauhmana kebenaran yg dijelaskan Dr.Zakir Naik dan Yang anda uraikan tentang Alkitab kapan perlu ajak paderi yg hebat pilihan anda untuk dialog lansung..

      Hapus
    5. Saya harap pada Monica Novrida jika Dr.Zakir naik masih di Indinesia coba debat terus dengan dia tentang Alkitab...saya ingin lihat sejauhmana kebenaran yg dijelaskan Dr.Zakir Naik dan Yang anda uraikan tentang Alkitab kapan perlu ajak paderi yg hebat pilihan anda untuk dialog lansung..

      Hapus
    6. Ali topan lubis: bukankah abraham dan salomo juga ada di kitab sucimu? Namanya ibrahim dan sulaiman, dan mereka itu juga nabi kalian.....

      Hapus
    7. Ali topan lubis: bukankah abraham dan salomo juga ada di kitab sucimu? Namanya ibrahim dan sulaiman, dan mereka itu juga nabi kalian.....

      Hapus
  3. Hidup ini hanya ada 2 pilihan.
    Bila adil dan mampu berbagi jalankan
    Bila tdk mampu setialah pada 1 pasangan.
    Dari pada selingkuh/zinah
    Lebih baik cari yg sah tp hrs seizin yg pertama.
    Pasti indah

    BalasHapus
  4. Perempuan lebih banyak dr pada laki2
    Kok saya masih single ya��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesalahan bukan pada perempuannya, tapi sama lo.. sukanya sama laki-laki juga hahahaha... maaf becanda.. jangan masukan ke hati ya

      Hapus
    2. Mungkin hrs di rubah model nya x bro...ente type lawas x...hehehehe..

      Hapus
  5. Zakar naik eh Zakir naik yg di jd buronan di India jd buronan di banggakan oleh muslim indonesia...makanya raja Arab lebih milih investasi lebih banyak di Chima drpd Indonesia yg katanya negara dng penduduk muslim terbesar di dunia tp lbh suka ajaran2 sesat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ente gagal fokus namanya klo gitu, lebih tepatnya mungkin raja arab lebih banyak investasi di china biar orang china pada pulang ke negaranya, harusnya malu donk masa muslim bisa investasi segitu banyaknya di sana...berarti disana banyak yg harus diperbaiki salah satu nya akhlaknya...

      Hapus
  6. Zakar naik eh Zakir naik yg di jd buronan di India jd buronan di banggakan oleh muslim indonesia...makanya raja Arab lebih milih investasi lebih banyak di Chima drpd Indonesia yg katanya negara dng penduduk muslim terbesar di dunia tp lbh suka ajaran2 sesat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas ini lucu bener, kalo ngasih pendapat itu harus yg bener mas ntar malah jadi fitnah. Kalo zakir naik memang jadi buronan kenapa dia kagak ditangkap? Padahal gampang untuk menangkap nya, dia gk bersembunyi. Kalo masalah raja salman investasi nya lebih banyak dichina daripada di indonesia, emang pernah raja salman ngomong langsung "ahh isl di indonesia sesat, sedikit aja lah investasi nya" makanya kalo mas nya kalo ngomong pake logika dan fakta mas.

      Hapus
    2. Haha..baru x ini ada buronan berani tampil di TV & tour ke beberapa negara. Yg fitnah ni benar2 domba sesat diantara yg sesat. Udh bodoh tukang fitnah lg. Maka nya jgn kebanyakan sekolah minggu. Orang tuh sekolah hari senin sampe sabtu.

      Hapus
    3. Waduh, ini koq komen ga difikir dulu ya....
      Klo Zakir naik buronan knp ga ditangkap aja kmarin2, bener kata Muhammad Arfan Zakir Naik ga sembunyi.
      Terus masalah investasi Arab ke Indonesia, klo lw punya duit mau investasi ke org yg dipercaya apa ga?
      Mikirnya pakai otak ya jgn pakai dengkul.... Percuma casing doang kaya org berpendidikan tp nyatanya IQnya jongkok.

      Hapus
    4. Belajar dulu mas yg bener kalo ngomong jgn asal jeplak keak org gak sekolah, tapi emang susah bicara sama org gak punya logika. Ada gtu buronan keluyuran kesana sini terus masuk TV sana sini? Mikir mas jgn otak di taruh di pantat

      Hapus
    5. Bodohh.....
      Premis mayor sama minor ga nyambung.....

      Daud apa ga belajar kayak Ernest komika, kalau buronan pasti tidak ditemui Pak JK.... JK adalah simbol negara. Dubes India pasti keluar nota keberatan sama RI. Untuk anda maaf yang sesat itu adalah dari ajaran anda, menambah2kan Tuhan Yang Maha Esa dengan tuhan yg lain.

      Salam Mikir.... mikir dulu baru posting.

      Hapus
    6. Buronan pula tv sendiri place tv.. And sllu tampil di tv, biasanya buronan dpo klau di sini. Aduh pa semua begitu orang sebalah?

      Hapus
  7. wadooo... Kurang mikir kayaknya orang ini
    #maaf pak daud dak maksud.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Nyatanya, kita menikahi perempuan karena syahwat. Saat katanya mengikuti rasul, ada malah nikah lagi istrinya lebih muda dari istri yg sebelumnya. Belum ada cerita org nikah sama nenek nenek yg sudah janda, gak ada suaminya yang melarat... Gak ada... Kenapa ya, kita suka bersembunyi di balik agama lewat kelakuan kita yang belum juga tentu akhlakul karimah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smpel,y gni aja deh, ketika ada seorang pria ngelamar kmu yg usia kmu lebih muda dr pria trsebut apa yg kmu lakukan, apa kmu pasti akan menolak,y dgn alasan pria tersebut akan menikahi ku hanya krna hawa nafsu, atw kmu mw nunggu smpe nenek2 dan berharp ada pria muda datang untuk ngelamar kmu, karna kmu yakini pria teesebut akan menikahi mu bkan sekedar hawa nafsu saja... COBA BERFIKIR

      Hapus
    2. Mba Hanna, siapa yg blg istri2 yg dinikahi Rasul nenek2? Istri2 Rasul itu wanita2 pilihan Mba, g ada yg tua peyot saat dinikahi Rasul ��

      Hapus
    3. Istri Nabi Muhammad yg sudah tua ketika dinikahi cuma satu..dan yg masih gadis ketika dinikahi aisyah.. sisa nya janda" yg masih muda...
      "Nikahilah wanita-wanita yang kamu senangi; dua, tiga atau empat. Jika kamu tidak bisa berlaku adil, maka nikahilah satu orang saja (QS. An Nisa’: 3)"

      Hapus
  11. Allahu yahdihim.
    Klo bapak zakir naik bisa dan brani berkomentar soal perbndingan agama krn pernah beljar semua kitab non muslim brtahun2.jd saya sarankan yg mnyudutkan bpk zakir naik. Mgkn bisa bljar alquran dengan ilmu lmu alqurannya. Dari surat an naas

    BalasHapus
  12. "Seiring hidup, ada faktor kematian laki-laki dengan adanya rokok, beberapa penyakit, kecelakaan dan peperangan. Maka lebih banyak laki-laki daripada perempuan."

    Kalimat terakhir...sepertinya salah redaksi y? Seharusnya lbh bny perempuan dr laki2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,, salah penulisan,, seharusny perempuan yg lebih banyk dengn adsnya itu,,,
      Zakir naik top,
      Teruslah membuka pikiran2 sesat, kamu terpilih Allah untk membuka pikiran2 sesat,,
      Kami muslim mendukungmu,
      Semoga Allah melindungimu pada setiap nafasmu .. Amin

      Hapus
  13. Ini mah cuma penasaran, terus menganalisa menanggapi jawaban. Kalau populasi perempuan lebih banyak, solusi Allah poligami. Kalau populasi laki2 lebih banyak, tidak ada ayatnya ya mengenai poliandri. Apakah tidak ada kasus sama sekali laki2 lebih banyak disuatu tempat di semua jaman? Padahal ayat tersebut adalah untuk secara geenral, semua tempat, segala zaman. Jadi sempet penasaran mengenai populasi penduduk di dunia. Eh ternyata statistik mengejutkan. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_negara_menurut_perbandingan_gender_dalam_populasi
    Jumlah laki2 dan perempuan ternyata hampir imbang. 101:100. Malahan lebih banyak laki2. Begimana nih alasan nya diatas?Atau ada keterangan tambahan mengenai perkataannya pak dr? ����

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Waduh mba' hanna,.. Saya suka cara berfikir anda.. Maukah anda jadi isteri saya? Kalau ngga" mau ga" apa2, saya ngga" maksa.. ( nafsukah saya dengan anda?)

    BalasHapus
  16. Islam sudah jelas, nikahilah perempuan 1, 2, 3 atau 4 jika bisa adil. Namun jika tdak bisa berlaku adil maka nikahilah 1 perempuan saja sebagai istrimu. Di situ sudah cukup jelas pnjelasan dalam islam dalam arti setia.

    BalasHapus
  17. I'm Sonja McDonell, 23, Swiss Airlines Stewardess with current 13 oversea towns, very tender with lots of fantasies during emergency cases on board in my wonderful job. To be lesbian isn't unkind. We've cells in our brain, which so called normal girls don't have & these cells are in our bodies in a young age. During the puberty, they become active & they remain active during the whole life. but lesbian girls & women are seldom in Indonesia. I think, it's the conservatism & ther're some discret & hidden relations. Am I right?
    Sonjamcdonell@yahoo.com

    BalasHapus